The One Alone (13)

Kualitas-Nya adalah penampakan-Nya di setiap momen dalam bentuk dan keadaan yang berbeda. Dalam al-Quran yang Mulia, dalam Surah al-Rahman (Yang Maha Penyayang), Dia berfirman, Semua yang ada di langit dan bumi selalu meminta kepada-Nya. Setiap waktu Dia dalam kesibukan, yakni Dia memanifestasikan Diri-Nya di setiap waktu dalam keadaan yang mulia lainnya. (QS. 55:29)

Tak ada sesuatu pun yang eksis; namun dalam setiap waktu dan momen Dia memanifestasikan Diri-Nya dalam keadaan mulia lainnya. Tidak ada yang pertama; tiada ada suatu sebelum; tidak ada lagi manifestasi sekarang. Sesungguhnya, tiada wujud selain Dia: karena apa yang tampaknya eksis, eksistensi maupun nireksistensinya adalah sama. Apabila orang memandangnya sebaliknya, orang mesti memahami bahwa sesuatu bisa muncul dari ketiadaan,yang menegasikan keesaan Allah, dan itu suatu kekurangan–sementara keesaan-Nya terbebas dan melampaui segenap kekurangan.

Satu-satunya keberadaan adalah eksistensi Allah. Jika engkau tahu ini dan tidak memandang dirimu sebagai sama, atau selain, atau bersama, dengan Dia, maka sesungguhnya engkau mengenal dirimu sendiri. Itulah mengapa pemimpin kita Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang mengenal dirinya, maka ia mengenal Tuhannya.” dan bukan “Barangsiapa yang melenyapkan dirinya sendiri, maka ia mengenal Tuhannya”–karena ia melihat dan ia mengetahui bahwa tidak ada sesuatu selain Allah. Dan itu adalah bahwa ia mengenal dirinya sendiri.

(Sumber: TOA, dalam What the Seeker Needs, hal.38-39)

One thought on “The One Alone (13)

  1. Juliant Very mengatakan:

    Salam, The one alone-ny masih berlanjut or dah slsei?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s