The One Alone (4)

ENGKAU TIDAK bisa mengetahui Rabb (Lord)-mu dengan menjadikan dirimu tiada. Banyak orang bijak mengklaim bahwa untuk mengetahui Rabbnya, orang harus menelanjangi dirinya sendiri dari tanda-tanda eksistensinya, menghilangkan identitasnya, dan terakhir menanggalkan dirinya dari dirinya sendiri. Ini merupakan satu kesalahan.
Bagaimana bisa sesuatu yang tidak eksis berusaha menanggalkan eksistensinya? Karena tidak ada suatu materi apa pun yang eksis. Bagaimana bisa sesuatu yang tidak ada, menjadi tidak ada?
Sesuatu hanya bisa menjadi tidak ada setelah ia menjadi sesuatu. Karena itu, jika engkau mengetahui dirimu tidak berwujud, jangan berusaha untuk menjadi tidak ada, engkau akan mengetahui Rabbmu. Jika engkau mengira bahwa untuk mengenal Allah tergantung pada usahamu menanggalkan dirimu dari dirimu sendiri, maka engkau salah menisbahkan sekutu kepada-Nya—satu-satunya dosa yang tidak bisa diampuni—karena engkau mengklaim bahwa ada eksistensi lain di samping Dia, Yang Mahawujud: yaitu engkau dan Dia.
Pemimpin kita, Nabi saw, bersabda:
Barangsiapa mengenal dirinya, mengenal Rabb-nya
Beliau tidak berkata:
Barangsiapa melenyapkan dirinya, mengenal Rabbnya
Bukti adanya sesuatu adalah bahwa ketika ia dianggap tidak ada, lawannya muncul. Karena tidak ada sesuatu selain Allah, membuktikan eksistensi-Nya tidak tergantung pada hilangnya beberapa eksistensi selain-Nya. Dan sebagaimana engkau tidak eksis, engkau tidak bisa berhenti untuk eksis, atau bertransformasi menjadi sesuatu yang lain. Wujudmu tidaklah temporal ataupun eternal, karena engkau tidak punya wujud.
Sayyidina Rasulullah saw bersabda:
“Sesungguhnya kalian tidak eksis, sebagaimana kalian tidak eksis sebelum kalian diciptakan.”

(TOA dalam What the Seeker Needs, hal.31-32)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s