The One Alone (3)

TAK SEORANG PUN nabi yang telah Dia utus kepada umat manusia, ataupun seorang wali, seorang manusia sempurna, atau seorang malaikat yang dekat kepada-Nya (muqarrabûn) mampu melihat-Nya karena mereka semua tidak terpisah dari-Nya. Para nabi, rasul, manusia sempurna-Nya tidak lain adalah Dia, karena Dia telah mengutus Diri-Nya sendiri, dari Diri-Nya sendiri, untuk Diri-Nya sendiri, tanpa sebab ataupun sarana lain selain Diri-Nya sendiri. Dia mengutus Zat-Nya, dari Zat-Nya, melalui Zat-Nya, kepada Zat-Nya. Tidak ada perbedaan antara Zat yang mengutus dan para rasul-Nya yang diutus. Huruf-huruf Wujud-Nya adalah wujud para rasul-Nya. Tidak ada sesuatu selain Dia. Dia tidak menjadi yang lain, ataupun Nama-Nya menjadi nama lain; ataupun yang lain yang dinamai dengan Nama-Nya.
Itulah mengapa Pemimpin kita, Cahaya Alam Semesta, Nabi Muhammad saw, berkata:
Aku mengetahui Rabb-ku melalui Rabb-ku
Beliau juga berkata:
Barangsiapa mengenal dirinya, berarti mengenal Rabb-nya. [Man ‘arafa nafsahu faqad ‘arafa rabbahu. Sebuah pernyataan Nabi yang sering dikutip oleh kaum Sufi.]

Maksudnya, bahwa sesungguhnya engkau bukanlah engkau, dan engkau—tanpa keberadaanmu—adalah Dia. Dia tidak bersamamu; ataupun engkau di dalam Dia. Dia tidak mengeluarkanmu; atau engkau dikeluarkan dari-Nya. Ketika engkau disapa sebagai engkau, jangan engkau mengira engkau eksis, dengan suatu esensi, kualitas, dan sifat-sifat—karena engkau tidak pernah eksis, atau benar-benar eksis, atau tidak akan pernah eksis. Engkau tidak memasuki-Nya ataupun Dia tidak memasukimu. Tanpa wujud, esensimu adalah bersama-Nya dan di dalam-Nya. Engkau tidak ada. Tanpa memiliki identitas apa pun, engkau adalah Dia dan Dia adalah engkau. Jika engkau tahu dirimu sebagai bukan sesuatu (nothing), maka sesungguhnya engkau tahu Rabbmu. Jika tidak, engkau tidak mengetahui-Nya. (Bersambung, insya Allah)

(Diterjemahkan dari “The One Alone” [TOA] dalam What the Seeker Needs, hal.30-31. TOA adalah Risalah al-Ahadiyyah-nya Syaikh Akbar Muhyiddin Ibn ‘Arabi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s