The One Alone (1)

Bismillahirrahmanirrahim
Sebuah Risalah tentang Yang Esa

Dengan Nama Allah Yang Maha Pemurah
Zat Yang Terlihat
Dengan segenap Nama dan Sifat-Nya yang indah
Di ranah citra

Man ‘arafa nafsahu, faqad ‘arafa rabbahu
“Barangsiapa mengenal dirinya, niscaya mengenal Tuhannya”

Segala puji dan puja syukur kepada Allah Yang Mahakuasa, Yang Awal tanpa yang lain sebelum-Nya. Hanya Dialah Yang Pertama, dan tidak ada yang terakhir selain ketunggalan-Nya. Yang akhir bersama Dia saja, dan Dia adalah yang terakhir. Dia adalah segala-yang-ada. Bersama-Nya tidak ada akhir. Tidak ada jauh ataupun dekat. Tidak ada keinginan atau kehendak, atau waktu, atau atas, atau bawah, atau tempat; tidak ada alam semesta. Allah adalah sekarang sebagaimana Dia adalah sebelum. Dia abadi. Dia Yang Esa tanpa keesaan dan Sendiri tanpa kesepian. Dia tidak dinamai dengan sebuah nama, karena adalah Dia yang nama-Nya adalah “Dia”, “yang menamai-sendiri”. Tiada nama selain “Dia”, dan tiada sesuatu selain Dia yang dinamai.
Dialah Yang Pertama tanpa sesuatu sebelum-Nya. Dialah Yang Akhir tanpa sesuatu setelah-Nya. Dia terlihat dalam semua yang terlihat. Dia diketahui secara jelas di dalam segala yang tersembunyi. Dia berada dalam semua rupa dan citra tanpa relasi apa pun dengan setiap penampilan. Dia adalah rahasia dan penampilan dari huruf pertama yang menggaungkan permulaan eksistensi.
Dia adalah kehadiran dalam segala aksara yang kepunyaan Yang Awal dan segala aksara yang kepunyaan Yang Akhir dan [Dia] adalah kehadiran dalam seluruh huruf yang terlihat dan seluruh huruf yang tersembunyi. Karena itu Dia adalah “Yang Pertama” dan “Yang Terakhir” dan “Yang Tampak” dan “Yang Tersembunyi”. Dialah Yang Awal dan Yang Akhir, Yang Zahir dan Yang Batin. Seluruh huruf yang membentuk kata-kata tersebut, dari awal hingga akhir dari ranah tampak atau tak-tampak, tidak berhubungan dengan Wujud-Nya dan tidak berefek pada Wujud-Nya.
(Bersambung, insya Allah)

(Diterjemahkan dari “The One Alone” oleh A.M. dalam Muhyiddin Ibn ‘Arabi, What the Seeker Needs, hal.29-30)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s