Gaya Hidup Minimalis dan Transportasi

Masih terkait dengan postingan sebelumnya tentang gaya hidup minimalis dalam prakteknya.

Kali ini saya mencobanya dalam urusan transportasi. Dari tulisan mengenai gaya hidup minimalis, menggunakan sarana transportasi disarankan karena dapat menghemat biaya sekaligus mengurangi gas buangan emisi kendaraan pribadi. Jadi, gaya hidup minimalis ini sejalan dengan kampanye peduli lingkungan atau green living.

Kebetulan kemarin saya berbeda arah dengan Vito dan mamanya. Saya ada meeting di BPPT Thamrin, sementara Vito harus sekolah ke daerah TB Simatupang. Vito diantar pakai mobil dan saya biarlah naik taksi saja. Demikian rencana awalnya.

Supaya lebih cepat dapat taksi, saya biasa naik angkot dulu menuju jalan Cipulir Raya. Dalam perjalanan, saya berpikir, kenapa nggak dicoba pakai angkutan umum aja ya?

Akhirnya saya coba tahan untuk turun di depan Pasar Kebayoran Lama. Setelah tanya sana sini, saya pun dapat informasi untuk naik Patas AC 44 yang lewat Sudirman, untuk kemudian disambung dengan Busway menuju BPPT. Perjalanan cukup lancar dan hemat, hanya menghabiskan ongkos Rp. 11.500.

Pulangnya saya coba lagi rute yang sama. Nah, di sinilah tantangannya. Saya harus turun di Terminal Blok M dulu untuk kemudian nyambung lagi dengan Metromini 69. Waktu terbuang hampir setengah jam, padahal dari perempatan CSW dengan mobil pribadi bisa langsung belok kanan, tanpa harus bablas ke terminal dulu.

Kebiasaan bis untuk ngetem juga menambah sengsara. Bila hasil ngetem belum memadai, biasanya supir akan berputar-putar untuk sekedar menghilangkan rasa penasarannya dengan penumpang yang belum cukup kuotanya. Sebagai penumpang, kita harus pasang muka pasrah terhadap apa yang diputuskan oleh sang pengambil keputusan utama di bis itu. Waktu pun makin menguap terbuang.

Hasil dari berputar-putar itu, maka senja pun merayap gelap, waktu Maghrib menjelang. Kemacetan pun tak terhindarkan.

Kesimpulan saya, sulit untuk mempraktekkan gaya hidup minimalis dengan menggunakan angkutan kota di Jakarta ini.

Dari sisi penghematan dan kenyamanan pun tak terpenuhi. Ongkos Rp. 11.500 itu karena saya sendirian. Bagaimana kalau saya dengan istri, 2 anak dan 1 asistennya berikut tetek bengek bawaan untuk para balita itu?

Tapi, sekali-sekali menggunakan sarana angkutan umum rasanya perlu juga bagi kita yang selama ini selalu menggunakan kendaraan pribadi. Gunanya, untuk mengasah kepekaan sosial. Di angkutan umum kita bisa menyaksikan kenyataan hidup yang dihadapi oleh sebagian besar rakyat kita.

Saya mendapati satu keluarga (bapak, ibu dan anak balitanya) menjadi pengamen di bis kota. Saya mendapati seorang ibu menggendong anaknya yang masih merah (mungkin belum genap sebulan usianya) duduk mengemis di tangga Terminal Blok M. Duh, saya hanya bisa mengurut dada, tak tahu apa yang mesti diperbuat.

Leo Babauta dalam blognya menyarankan pembacanya untuk berperan dalam menjaga lingkungan dengan beberapa cara yang bisa ditempuh seperti: berjalan kaki, bersepeda, naik kendaraan umum, bekerja di rumah atau bekerja di kantor yang dekat dengan rumah guna mengurangi pemanasan global. Kalau pun harus menggunakan kendaraan pribadi, disarankan yang mengkonsumsi bahan bakar seminimal mungkin. Bahkan ia sudah mempraktekkan konsep car sharing bersama komunitasnya, misalnya 1 mobil digunakan bergantian dalam satu lingkungan bertetangga.

Ia juga menyarankan untuk mengkonsumsi makanan lokal dan produk lokal, sebab makanan atau produk import itu membutuhkan transportasi ribuan kilometer untuk sampai ke tangan kita.

Konsep gaya hidup minimalis ini menarik. Ini sejalan dengan gaya hidup green living yang sedang dipropagandakan di mana-mana. Misi penyelamatan bumi hendaknya tidaklah di level seremonial atau tren sesaat saja. Gaya hidup peduli lingkungan ini harus menjadi gaya hidup yang dipraktekkan oleh seluruh lapisan masyarakat. Ini mencakup segala aspek dalam hidup kita.

Dari mana kita memulai “misi besar” penyelamatan bumi ini? Ya dari diri kita sendiri dulu. Mulai dari diri sendiri, mulai dari yang kecil, mulai saat ini juga. Small step to a better future for our children.[]
(Sumber: http://www.roniyuzirman.wordpress.com/2010/05/06/gaya-hidup-minimalis-dan-transportasi/)

One thought on “Gaya Hidup Minimalis dan Transportasi

  1. Adnanomatic mengatakan:

    Anda juga suka membaca blognya Leo ya, saya juga penggemarnya dan berusaha untuk merubaha gaya hidup menjadi minimalis, tapi untuk transportasi untuk saat ini belum bisa dirubah di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

