Nasihat-nasihat Ibn ‘Arabi (2): Tentang Orang Sakit dan Pengemis

Anda harus mengunjungi orang sakit karena dalam kunjungan itu terdapat pelajaran yang berharga. Allah berada di sisi hamba-Nya yang sakit. Tidakkah Anda melihat si sakit yang tiada memiliki pertolongan kecuali dari Allah, tiada ingat (zikir) kecuali Allah. Selama lisannya menyebut sang Haq, di hatinya ia bersandar kepada-Nya.

Berikan makan dan minum kepada pengemis sebab ia bisa menempatkanmu seperti posisi sang Haq yang senantiasa memberi makan dan minum hamba-hamba-Nya. Allah memerintahkan Anda untuk bersedekah karena Dia mewakilkan hal itu kepada Anda. Maka, janganlah Anda tolak si pengemis walaupun dengan kalimat yang santun dan wajah ramah, sementara Anda tak merasa bersalah karenanya. Anda tahu, Hasan dan Husain (semoga Allah meridhai kedua cucu Nabi ini) ketika dimintai oleh pengemis selalu bersegera untuk memberinya dan berkata, “Selamat datang, bawakan bekalku hingga akhirat.”

(Wahai Anakku, hal.12-3)

2 thoughts on “Nasihat-nasihat Ibn ‘Arabi (2): Tentang Orang Sakit dan Pengemis

  1. fuad mengatakan:

    betapa mulia teladanmu ya imam, betapa diriku banyak diselimuti perbuata2 yg menghalangiku untuk berbuat baik sepertimu , ya imam kuatkanlah diri ini untuk mengukiti jejakmu. adrikna ya imaaaaaaam

  2. moknik mengatakan:

    1. Allah ada disamping orang sakit sebab tu lah orang sakit selalu menyebut Allah. tapi bila orang sakit ini sihat maka perkataan Allah jarang kedengaran lagi bolehjadi Allahpun berjauhan.

    2. Pengemis harus di tolong walaubagaimana sekalipun tetapi pengemis yang mengemis sekarang diragui kepengemisannya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s