Relasi Shalat Nafilah dan Wujud Tambahan

Ketahuilah, bahwa jika engkau terus menerus menunaikan berbagai kewajiban, maka engkau pun dekat kepada Allah dengan kedekatan yang lebih dicintai-Nya. Jika engkau memiliki sifat ini, maka engkau pun menjadi telinga dan mata al-Haqq. Dia mendengar dan melihat hanya dengan dirimu. Maka, tangan al-Haqq menjadi tanganmu: Orang-orang yang berjanji setia kepadamu, sesungguhnya berjanji setia kepada Allah. Tangan Allah di atas tangan mereka (QS al-Fath [48]: 10) Tangan mereka, yakni tangan Allah, ada di atas mereka…

Mengerjakan berbagai ibadah sunnah secara kontinyu akan melahirkan kecintaan Ilahi yang terpelihara. Sebab, al­-Haqq mendengar dan melihat hamba-Nya, sebagaimana pula keadaan sebaliknya, dalam kecintaan menunaikan berbagai kewajiban (al-farâ’idh). Kewajiban adalah ibadah paksaan, dan memang begitulah pada prinsipnya. Sementara itu, bagian (al-far’)—yaitu tambahan (an-nafl)—adalah ibadah pilihan. Di dalam berbagai ibadah sunnah, al­-Haqq mendengar dan melihatmu. Ia dinamakan an-nafl karena merupakan tambahan, persis seperti halnya engkau—pada dasarnya (bi al-shâlah)—adalah tambahan dalam eksistensi, sehingga (pada mulanya) yang ada hanyalah Allah dan engkau tidak ada. Kemudian, engkau menjadi ada. Maka, eksistensi yang baru pun bertambah. Engkau adalah tambahan dalam eksistensi al­-Haqq. Karenanya, engkau harus mengerjakan apa yang disebut an-nafl, sebab itulah asal-usulmu. Dan engkau harus mengerjakan apa yang dinamakan al-fardh, sebab itu adalah asal usul wujud dan berada dalam wujud al­-Haqq. Dalam menunaikan al-fardh, engkau adalah milik-Nya. Dan dalam mengerjakan an-nafl, engkau adalah milikmu sendiri. (Sumber: Wasiat-wasiat Ibnu ‘Arabi. Bandung: Pustaka Hidayah, hal.28-9)

One thought on “Relasi Shalat Nafilah dan Wujud Tambahan

  1. armandinata mengatakan:

    Aww. nICE BLOg friend,..salam kenal dari z arman, moga2 bisa terus bersilaturahmi.,,,silahkan kunjungi blog z juga ya di http://www.armandinata.wordpress.com atau http://www.klikauto.blogspot.com.
    trima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s