Suatu Jumat di SD Hikmah Teladan

Laporan khusus A Ipin tentang peristiwa shalat Jumat di SD HIkmah Teladan:

Khatib sudah setengah jalan, Yudhis anak kami yang autis, berdiri persis di depan mimbar. Khotib mengutip al-Ghazali menyebut 5 ciri orang yang berpuasa pada tingkat khusus “… kedua adalah tidak mengghibah…” Apa itu ghibah? tanya Yudhis terdengar sampai shaf paling belakang. Tidak ada keributan. “…ketiga…” Yudhis bergerak ke samping mimbar, berdiri di tempat imam salat. Terpana melihat bayangan dirinya di dinding berlapis keramik, lalu berjoget dengan seksama mengamati bayangannya.

“…ke-4…tidak bersumpah dengan sumpah palsu”. Yudhis ke belakang mimbar, duduk pada tempat yang membuatnya sama tinggi dengan khatib. Di sela penjelasan, Yudhis bergerak ke mimbar, menggeser lengan khatib yang menghalanginya duduk di mimbar di samping teks khotbah.

“…ke-5 tidak memandang dengan syahwat”. Khotbah pertama selesai karena poin ini tidak dijelaskan. Di mimbar ada Yudhis yang leluasa mengayun-ayunkan kaki layaknya jarum jam (5-9-’08 ; 13:56:43)

Tidak ada keributan . Aneh ! Saya sendiri tidak kuat menahan senyum, dan ini membuat anak ‘bengal’ yang kumarahi dan kedudukan di sampingku menatapku bengong.

Khotbah kedua dimulai dengan kesimpulan dan diakhiri dengan doa, semuanya tanpa mengubah jarum jam Yudhis yang terus mengayun. Selesai khotbah, sang Khatib turun mimbar bersama Yudhis di pangkuannya. Yudhis pun salat di samping sang khatib. Tidak ada keributan sampai salam mengakhiri salat. Tuhan, dia berpuasa. Dia telah datang ke perjamuan-Mu. Tuhan berikan aku aroma hidangan-Mu dengan menceritakan ini. Pastikan pengalaman ini membuatku dapat melabeli anak hanya dengan satu kata: harapan. (14:16:57)

2 thoughts on “Suatu Jumat di SD Hikmah Teladan

  1. yanti mengatakan:

    mengharukan…yudhis akan tampil sebagai manusia utuh pada saatnya nanti

  2. annisa mengatakan:

    wuIh,,,,,yUdHis mEmAng aNaK yAng sEmPuRna…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s