Antara Fushush al-Hikam dan al-Hikam

Ada dua kitab tasawuf “jadul” (baca: klasik) yang sudah setahun ini saya pelajari dan kagumi habis. Pertama, Fushush al-Hikam, sebuah adikarya Syekh al-Akbar Ibn ‘Arabi, yang tentangnya serba-sedikit sudah saya masukkan ke blog ini, dan al-Hikâm-nya Ibn ‘Atha’illah, seorang guru kedua terbesar Tarekat Syadziliyah. Meski sama-sama menggunakan al-hikam, yang menyiratkan makna kebijaksanaan, namun jelas kedua-duanya menceritakan hal yang berbeda.

fusus1.jpgFushush al-Hikam

Karya pertama yang saya sebutkan ini merupakan karya metafisika (baca: tasawuf-falsafi) yang berisikan hikmah Ilahi tertentu kepada ruh para nabi. Masing-masing ruh nabi ini memanifestasikan hikmah Ilahi tertentu. Harus buru-buru ditambahkan bahwa karena kajiannya metafisis, maka urutan penyebutan nama-nama nabi ini tidak ada hubungannya dengan kemunculan nabi secara historis. Misalnya, Ibn ‘Arabi lebih mendahulukan hikmah al-Haqqiyah pada Kalimat Ishaq, yang nota bene nabi ini adalah adik dari Nabi Ismail as.

Fushush yang sedang saya pelajari setiap malam Kamis ini bersama seorang pengajar lulusan Qum, Iran ini, adalah kitab yang sudah disyarahi oleh Qaysari. Meski demikian, pengajar Fushush sering juga memasukkan ulasan Imam Khomeini, Kasyani, dan lain-lain. Insya Allah, pada kesempatan lain saya akan menuliskan tentang murid-murid Ibn ‘Arabi meski dalam paper lain, tugasku semasa kuliah di ICAS, telah aku sebutkan beberapa di antara murid Ibn ‘Arabi, yang rasanya pernah saya masukka ke blog ini juga.

al-hikam.jpgAl-Hikam

Adapun buku kedua, al-Hikam, adalah risalah tasawuf “praktis” karya ulama tasawuf asal Mesir. Dari sekian terjemahan al-Hikam versi Indonesia, menurutku, ada dua yang bagus. Pertama, al-Hikam yang dikomentari oleh Syekh Fadhalla Haeri, yang diterbitkan oleh Serambi. Kedua, al-Hikam yang dikomentari oleh Muhammad bin Ibrahim (Syekh Ibnu Ibad) dan Syekh Abdullah asy-Syarqawi, yang diterbitkan oleh Amelia, Surabaya. Penerjemahnya adalah Moh. Syamsi Hasan dan Drs. Aswadi, M.Ag.

Yang saya miliki adalah yang diterbitkan oleh Amelia. Alasannya, meski diterbitkan dalam kertas koran, namun mutu terjemahannya bagus dan isinya lengkap (sebelumnya saya sudah lihat buku-buku al-Hikam dari penerbit yang berbeda yang ternyata kurang lengkap). Di samping itu, setingannya juga tergolong apik. Hal-hal inilah yang menjadikan saya tertarik mengoleksinya.

Setiap dua minggu sekali, saya menyempatkan diri untuk mempelajarinya bersama seorang guru dari tarekat Syadziliyah. Kebetulan beliau membuka kelas al-Hikam  di bilangan Pejaten. Kendati buku itu bisa dibaca di rumah, namun suasana terasa lain apabila saya mengikutinya melalui seseorang yang pengamal tarekat. Barangkali, saya tidak terlalu pe-de untuk belajar otodidak. Membaca al-Hikam seakan-akan menguliti diri saya, yang entah kapan bisa matang secara spiritual.

Di luar itu semua, saya menceritakan kedua buku ini semata-mata karena kekaguman kepada dua orang syekh Sufi besar ini. Meski secara “tradisional”, mereka berasal dari lingkungan Sunni, terutama Ibn ‘Atha’illah ini, tiada salahnya jika orang-orang yang berasal dari lingkungan non-Sunni atau bahkan non-Muslim, mempelajari kedua kitab tersebut.[]

About these ads

55 thoughts on “Antara Fushush al-Hikam dan al-Hikam

  1. Quito Riantori mengatakan:

    Wah…saya juga mau nih nimbrung belajar…

  2. amuli mengatakan:

    Membaca tulisan-tulisan mas Ito, saya rasa kita punya kesamaan: mencintai spiritualitas. Jadi, kita bisa saling belajar tentang ini.

  3. fais mengatakan:

    ass wr wb
    Aku ingin menghayati fushush al-hikam dimanakah dapat membaca bukunya? (yang terjemahan bahasa indonesia). adakah softwear bukunya? jika ada dapatkah e-mail ke saya karena Allah semata? siapakah orangnya di indonesia yang menguasai fushush al-hikam? adakah e-mailnya? Aku ingin berdialog dengan-nya.
    Allah Maha Besar.

  4. hermawan bambang mengatakan:

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Tongkat penuntunnya adalah CINTA, petanya dibuat oleh ulama-ulama terdahulu termasuk Syeikh al Akbar Muhyidin Ibn Arabi, dan para pencarinya kini adalah bersaudara

    • adhi mengatakan:

      Saya adalah salah satu penganut tarekat ibnu arby, bukunya futuhatul makiyah sudah langka n sulit dicari. Belajar tarekat menjadikan kita lebih bijak dalam berpikir dan bertingkah laku.

  5. ChapunK mengatakan:

    Assalammualaikum Wr Wb…

    Saya telah banyak membaca isi dari blog saudara, isinya bagus2 semua sebagai penambah wawasan beragama, tapi ada ketertarikan saya dengan kitab fushush al hikam…Karena saya suka dengan gaya bahasa langitan yang dimiliki oleh ibn Arabi yang tidak semua faham apa makna dibalik ungkapannya itu, karena ungkapannya itu bukan ungkapan pikiran, jadi ga bisa dijangkau dengan pikiran…

    Kalau saya boleh tau, dimana saya bisa mendapatkan terjemahan bahasa indonesia kitab fushush al hikam itu?
    Kalau saudara mempunyai informasi itu, tolong di send ke email saya, terima kasih
    Wassalammualikum…

  6. reza mengatakan:

    Salam, pak amuli,

    kalau x keberatan bisa dimasukkan atau direkodkan semua kuliah2 pak amuli di ICAS khususnya yang berkisar pelajaran fushush ini.Sangat disayangkan kalau tidak direkod kuliahnya. Kalau bisa dikirimkan mp3 file pada email saya…yah…
    terima kasih…
    wasalam.

  7. rudi hera mengatakan:

    Senang bisa berinteraksi dengan saudara atas bahasan kitab Al- Hikam yang juga sedang saya pelajari. Mudah2an Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan pertolongan kepada kita semua terutama saudara. Amin

  8. denmas mengatakan:

    senang membaca posting anda semoga kitab itu bisa memeberi manfaat pada anda. permasalahannya kitab hikam itu tidak sembarang orang bisa ngaji kitab hikam ……………tapi saya kagum kepada anda ….

  9. andy mengatakan:

    Ass Wr Wb,

    Saat ini saya juga mengaji Kitab Hikam (Syeh Ibnu Ahailah) kurang lebih sudah 3 tahun, selama ini terus terang saya banyak mangalami kejadian dalam kehidupan sehari-hari yang bisa di jelaskan hikmahnya dalam Kitab dan tentu saja lewat seorang Guru.

  10. amuli mengatakan:

    Salam. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga pengalaman batin Anda dapat menular ke dalam diri saya.

  11. andy mengatakan:

    Ass Wr Wb,

    Pak Amuli apa pernah bertemu dengan saudara seiman kita yang katanya dia telah
    pernah / sudah mempunyai pengalaman rohani yang menajubkan ketika bermunajat?

  12. andy mengatakan:

    Marhaban Ramadhan, Selamat menyambut rahmat Allah di bulan Ramadhan ini

  13. kris1bangun mengatakan:

    Ass Wr Wb,

    Kita sama-sama pencari jalan cinta, saya mengikuti pengajian kitab Al Hikam di Pondok Pesantren Kedunglo, Kediri setiap Ahad pagi. Diasuh langsung oleh Al Mukkarom Romo Yahi Abdul Latief Madjid.

  14. Husen mengatakan:

    fais berkata,
    Januari 26, 2008 pada 11:09 am

    ass wr wb
    Aku ingin menghayati fushush al-hikam dimanakah dapat membaca bukunya? (yang terjemahan bahasa indonesia). adakah softwear bukunya? jika ada dapatkah e-mail ke saya karena Allah semata? siapakah orangnya di indonesia yang menguasai fushush al-hikam? adakah e-mailnya? Aku ingin berdialog dengan-nya.
    Allah Maha Besar.

    Ass Wr.Wb mas Fais…….saya ingin bertukar pikiran dengan mas…..bisakah mas Fais membalas ke Email saya (darbutbali@yahoo.com).

  15. Taufiq mengatakan:

    Ass wr Wb.
    membaca Kitab AL HIKAM:
    1. Membangun kembali pilar2 hati yang runtuh
    2. Menguatkan hati yang goyah
    3. Meluluhlantahkan jiwa yang sombong
    4. Menumbuhkan pengharapan dalam keputus asaan
    5. Menuju kepasrahan TOTAL kepada sang Khalik
    Wassalamualikum Wr Wb.

  16. faisal mualif mengatakan:

    coba lengkapi bacaan dari kitab almawaqif walmukhathabat – raaytullah karya imam nafri –iraq—. di beberapa literatur salaf menyebutkan bahwa alhikam banyak di ilhami oleh kitab cerdas tersebut.

  17. faisal mualif mengatakan:

    saya tertarik untuk mengajak anda diskusi tentang ini tasauf,undang saya di email.

  18. fathurrahman mengatakan:

    Sy sangat tertarik dengan buku spiritual apalagi karya Syaikh Ibnu Atha’illah
    ,jika anda punya buku” tentang bagaimana prosses tentang Jizbah atau Maqzubien(orang yang dialiri oleh getar daya tarik ALLOH )tlong dimasukkan dalam blog ini !!!!!!!!!!!!!!!!!1

  19. NurHadi mengatakan:

    Utk ikhwan di surabaya dapat mengkaji kitab al hikam di masjid masyithoh wisma permai I/100, setiap hr kamis malam ba’da isya yg diasuh oleh KH DR.M.Dhiyauddin Qushwandy pewaris ke-25 dari shohibul hikam. insya Allah kita dapati pula spiritualitas dari ibn Arabi.

  20. wahyu mengatakan:

    wah .. saya ketinggalan, fushusul hikam sudah ada terjemahan? bisa dibeli dimana? apa futuhat makkiyah sudah diterbitkan juga? selama ini saya menikmati karya ibn arabi terbitan serambi, ..menariknya mereka juga menerbitkan beberapa buku ibn atthailah seperti tutur penerang hati, zikir penentram hati, dan yang ngga kalah kerena adalah biografi ibn araby yg ditulis sama orang perancis claude adas: “Mencari belerang merah”. Salam kepada sesama pejalan….

  21. azmi mengatakan:

    saya mencari isi pelbagai kitab….ulasan tidak penting tpa isinyalah yang penting/…

  22. erfan mengatakan:

    Sempurnakan pengetahuan hakikat dengan pemahaman kitab Roaitullah-Imam An-nafri..Ilmu adalah kendaraan hakikat, Apabila menemui pintu makrifat maka tinggalkan ilmu beserta huruf dan makrufnya..suatu saat tinggalkan makrifat, menujulah ke pintu waqfah.. yang ada tinggal pandang memandang di Hadirat-Nya, maka tiadalah antara lagi antara kita dan Dia..sungguh indah keadaan itu.

    • Nurhantoro mengatakan:

      Banyak kalimah yg hanya bisa dibaca dg hati, modal awalnya niat yg berkemauan keras utk berjumpa dgNya. Perjalanan menuju Nya saja sudah menyejukkan jiwa,
      tdk ada hadiah yg melebihi nilainya kecuali ditemui-Nya.
      Almawaqif wal mukhotobat adalah kitab andalan yg mendasari lahirnya Al Hikam &
      Kitab2 selanjutnya.
      Persoalan menjadi sederhana jika mampu mencapai maqom siir, yg tentu saja sangat sulit bak mendaki dinding aqobah yg terjal & menggelincirkan.
      Salaam

    • Nurhantoro mengatakan:

      Bisa kita saling kenal, agar lebih menukik ke pembahasan Syeikh Abdul Jabbar nin Abdul Qodir. Jika berkenan hub kami di Jogja 081 744 6237/ 0274 693 6336.
      Salaam

  23. Muhni mengatakan:

    aku ingin mencari kitab-kitab terjemahan ibnu arabi

  24. julian mengatakan:

    Ustadz, kira2 syarahny Fushush al-hikam yg berbahasa Indonesia ad g ya? terutama syarahny Ayatullah Imam Khomeini r.a…

  25. yulianto mengatakan:

    saya ingin punya buku futuhat al makiyah tolong kasih tahu, agak sulit mencarinya.

  26. anto mengatakan:

    klu HIKAMy ibn arabi bisa dibaca/ beli dma ya…?

  27. hanif mengatakan:

    ass. wr.wb…minta alamat pengajian al hikam dipejaten dan jadwalnya serta kontak personnya…atau barangkali ada yang lokasi ngajinya didaerah ciputat, pamulang, pondok cabe…soalnya saya tinggal di pamulang…suwun
    wass

  28. Mochammad Kholil mengatakan:

    mas, guru pengamal tarikat sadziliyah di bilangan pejaten itu tepatnya mana mas, aku mo ikut dunk kajian al-hikan disana… kasih tau ya?

  29. FAJAR mengatakan:

    KO ga ada yg jawab beli kitab Fushush Al- Hikam bhs indnesia itu dimana? aku jg pengen lo. tolong klo ada yg tau email aku ya, di mhmdfjr@yahoo.co.id.AKU SANGAT INGIN BLAJAR TASAWUF.

    • adhi mengatakan:

      Belajar tasawuf alangkah baiknya didampingi oleh guru atau oleh orang yang telah diberi hidayah oleh Allah SWT. Karena dalam proses pengamalan ilmu tasawuf banyak sekali hal yang kita pikir itu indah tapi menjerumuskan kita kedalam syirik Khofi yang sangat halus tak terasa tapi dosanya melebihi dosa syirik yang terlihat jelas seperti memuja sesuatu mahluk selain Allah.

  30. Nurhantoro mengatakan:

    Yaa Alloh jika menurutmu baik, bimbinglah hambamu ini melalui bloq ini atau dg caraMU Yang Maha Sempurna. Amiin

  31. shidiq mengatakan:

    dimana bisa dapat kitab fushus al hikam?? kita nyari udah lama gak pernah ada di toko2 buku

  32. Hasanin mengatakan:

    Ini adalah kandungan fusus al-hikam dalam Bahasa Inggeris. Mungkin boleh diguna sebelum dapat mencari dalam bahasa Melayu. Terima kasih atas perkongsian yg cukup menarik. http://www.amislam.com/fusus.htm

  33. ivan mengatakan:

    setiap ahad pagi, saya selalu mengikuti pengajian kitab al hikam di ponpes kedunglo al munadhoroh. di asuh langsung romo KH Abdul latief madjid. bagi rekan rekan yang ingin ikut, saya tunggu ya…

  34. udin mengatakan:

    hi, aq udin klo mau lebih ngrti “isi sak jeroning rogo” bs hub aq 02470588747 ^ ^

  35. rusdianto mengatakan:

    Selain 2 buku diatas kiranya saudara dapat membantu saya untuk mendapatkan buku futuhat al makiyah, saya bagaikan musafir yang kehausan dan harapan hanya kepada Allah semata untuk mendapatkan penghilang dahaga. Kiranya Allah dapat memberi kenikmatan kepada saudara, Amin.

    • amuli mengatakan:

      Salam.
      Kitab Futuhat belum ada terjemahan lengkapnya. Tetapi sebagian dari kitab Futuhat seperti “Menghampiri Yang Mahakudus” dan “Revolusi Shalat”, masing-masing dikeluarkan oleh Penerbit Mizan dan Pustaka Hidayah, sudah bisa diakses dalam bahasa Indonesia. Buku pertama membahas masalah bersuci dan rahasia-rahasianya, sementara buku kedua terkait dengan hal-ihwal shalat. Sudah tentu, selain aspek fikihnya, Ibn Arabi membahasnya dalam pendekatan tasawuf -nya yang berbasis wahdatul wujud.

  36. anto mengatakan:

    ikut tarekat ya?tau ga kalo dibogor alamatnya dimana?

  37. Syahnen mengatakan:

    Saya belum punya kita Fushusul Hikam yang terjemahan Indonesia Mohon info kitab fushus…

  38. fakhruraji mengatakan:

    dimana saya bisa mendapatkan/membeli kedua kitab tersebut, fushushul hikam al-hikam ?

  39. hanung mengatakan:

    Kebetulan saya ada buku Fusus al-Hikam yang diterjemahkan langsung /asli dari kitabnya tanpa ada komentar dan pembahasan dari penerjemahnya. silahkan berkunjung di : http://www.facebook.com/photo.php?fbid=1899077568854&set=a.1042153346284.2008648.1599101416&type=1&ref=nf

  40. aryapurbaya mengatakan:

    Buku Fushus Al-Hikam cari aja di Toko Buku belakang Benteng Jogja.. Tahun 2005 sy pernah beli disana

  41. anang kasyani mengatakan:

    dimana kt bs dpt bku versi indonesia

  42. Moh. M amin mengatakan:

    Ass, tolong bank infonya . Saya mau ikut pengajian AL hikam di Pejaten. Apa syaratnya ya. Syukron. Amin

  43. asmin mengatakan:

    bahasan yg sangat mnarik
    mohon bantuanya pak klu ada ebooknya mnt tlg d krm alamatnya

  44. Wong Agung mengatakan:

    Benarkah Kanjeng Nabi Saw tidak mengajarkan tasawuf,..?!
    Benarkah tasawuf itu berasal dari ajaran Buddha,..?!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s